Rabu, 25 September 2024

Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi SDN 2 Bunijaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat

A.    visi

Perkembangan dan tantangan masa depan antara lain: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, dan tuntutan Implementasi Kurikulum Merdeka pada kelas I sampai  IV. Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon berbagai tantangan sekaligus peluang itu. Sekolah Dasar Negeri 2 Bunijaya memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam visi sekolah berikut :

Terwujudnya Peserta Didik yang MAJU (Mandiri, Agamis, Jujur, Unggul)

Visi ini dipilih untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga SDN 2 Bunijaya untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah. 

Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita sekolah yang:

a.  memiliki sikap mandiri dalam menghadapi sesuatu;

b.  memiliki dasar spiritual yang berakhlak mulia;

c.  menjunjung tinggi kejujuran dalam sifat dan tingkah laku;

d.  mendorong semangat belajar unggul dalam bidang apapun;

 

B.     misi

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.

Misi SDN 2 Bunijaya Kecamatan Gununghalu Kab. Bandung Barat adalah

1.  Meningkatkan kemandirian siswa melalui program pemecahan masalah

2.  Meningkatkan nilai-nilai spiritual dalam bidang keagamaan melalui program pembiasaan sebelum masuk pembelajaran

3.  Meningkatkan sifat kejujuran dalam segala apapun melalui program ayo menabung

4.  Mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, asri, dan dan prestasi siswa melalui kegiatan ekstakurikuler Pramuka, olah raga dan bimbingan belajar

 

C.  tujuan

Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Merujuk pada tujuan pendidikan dasar tersebut, maka tujuan Sekolah Dasar Negeri 2 Bunijaya dalam mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk :

1.      Memiliki peserta didik yang dapat mengamalkan ajaran agama dengan melakukan ibadah sesuai ajaran agama sebagai hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;

2.      Memiliki sikap disiplin, budi pekerti dan kepedulian sosial;

3.      Memiliki peserta didik yang berprestasi akademik maupun non akademik pada level kabupaten dan provinsi;

4.      Terwujudnya layanan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik;

5.      Terlaksananya proses pembelajaran yang variatif dan inovatif

6.      Memiliki tata kelola kurikulum yang lengkap sesuai kebutuhan dan perkembangan;

7.      Memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan sehingga memudahkan penyerapan materi pembelajaran dalam mendukung PBM;

8.      Terwujudnya pengelolaan pendidikan partisipatif, transparan, dan akuntabel

9.      Terwujudnya kerjasama yang harmonis antara warga sekolah dan lingkungan masyarakat serta meningkatnya citra nama baik sekolah sebagai pembina kepercayaan masyarakat

 

D.  STRATEGI

1.    Menyusun tim penjaminan mutu dan tim pengembang kurikulum serta komite pembelajaran

2.    Melakukan analisis konteks terhadap kondisi dan karakteristik lingkungan sekolah.

3.    Melakukan analisis kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana, kegiatan pendukung, dan lain- lain) untuk mendukung pelaksanaan program.

4.     Menyusun RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) berdasar analisis kebutuhan program.

5.    Menyusun instrumen dan melaksanakan evaluasi, pendampingan dan pengembangan dengan melihat berbagai sisi (guru, tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua dan komite sekolah).

Melaksanakan program perbaikan hasil analisis evaluasi pelaksanaan program berdasarkan skala prioritas bulanan, semester dan tahunan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar